MMAS

MMAS
Bersama Sastrawan Agus R Sarjono

Senin, 18 Februari 2013

SOAL SUSULAN KLS X



Bacalah paragraf artikel berikut dengan saksama!
1.              SMA Negeri 1 Watansoppeng merupakan sekolah yang memiliki banyak keunggulan. Keunggulan SMA Negeri 1 Watansoppeng telah dibuktikan oleh siswa-siswanya di bidang  sains, olahraga, dan seni. Pada bidang sains, empat  orang siswa SMA Negeri 1 Watansoppeng menjuarai olimpiade sains tingkat kabupaten. Sedangkan di bidang olahraga, beberapa siswa telah menunjukkan prestasi di bidang basket, volly, dan sepak takraw.  Banyak siswa yang senang bermain futsal. Ternyata keunggulan tersebut belum diimbangi dengan kedisiplinan siswa. Setiap hari masih banyak siswa yang sering datang terlambat dan melanggar tata tertib sekolah, misalnya berpakaian tidak rapi dan keluar pekarangan sekolah pada jam istirahat. Seharusnya pihak sekolah menegakkan kedisiplinan bagi siswanya dengan memberikan sanksi tegas kepada siswa yang melanggar tata tertib sekolah dan penghargaan kepada siswa yang disiplin atau taat pada tata tertib sekolah.
2.            Berdasarkan survei dan laporan dari Human Development Report (UNDP) tahun 2005, nilai human development index (HDI) bangsa Indonesia sangat rendah, yaitu sebesar 0,697. Hal ini menyebabkan Indonesia menempati peringkat ke-40 dari 174 negara. Hal ini berarti bahwa sumber daya manusia (SDM) Indonesia tertinggal dibandingkan dengan negara di kawasan Asia Tenggara. Standar hidup dan kualitas hidup bangsa Indonesia  juga masih rendah. Indonesia adalah negara subur dan makmur. Hal ini akan berdampak pula pada tingkat budaya masyarakatnya, termasuk budaya belajar. Oleh sebab itu, hendaknya pemerintah mengupayakan peningkatan SDM Indonesia melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.
3.                 Menjelang bulan suci Ramadan, setiap tahun, selalu terjadi kenaikan harga bahan pokok. Ulah spekulan, salah satu jawaban yang sering kita dengar sebagai penyebabnya. Bulan suci adalah bulan ampunan. Pemerintah, oleh masyarakat, diharapkan bisa lebih berperan dalam mengantisipasi lonjakan  bahan pokok. Artinya, bagaimana menghentikan ulah spekulan, distributor nakal, agar tak menjebak orang bermain di air keruh. Kadang kita berpikir, dekat hari menjelang Ramadan dan Idul Fitri, seakan-akan merupakan “hari baik bulan baik” para spekulan, yang juga berimbas pada pedagang umumnya. Seharusnya bukan begitu. Menyambut hari penuh ampunan, atau hari nan fitri, harga bahan pokok seharusnya stabil. Pemerintah harus berperan aktif dalam menjaga kestabilan harga bahan pokok setiap menjelang bulan suci Ramadan.

Soal
1.      Tentukanlah isi  pokok informasi dalam paragraf  tersebut!
2.      Tentukanlah kalimat yang tidak padu pada setiap paragraf tersebut!
3.      Buatlah kesimpulan isi setiap  paragraf  tersebut!


Tidak ada komentar: