MMAS

MMAS
Bersama Sastrawan Agus R Sarjono

Selasa, 17 September 2013

LKS KD 3. 1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel



LKS KD 3.1 Menemuka ide pokok dan permasalahan dalam artikel
Pemanasan Global
Perubahan iklim terjadi akibat adanya pemanasan global. Bumi memang perlu dipanaskan agar manusia tidak mati karena beku. Persoalan kemudian muncul ketika terjadi peningkatan temperatur yang mencolok. Muncul kekhawatiran, bumi suatu kali nanti menjadi sedemikian panasnya sehingga manusia dan makhluk hidup lainnya tidak akan lagi mampu menahannya. Kehidupan di atas bumi dikhawatirkan musnah.
Radiasi matahari ketika mencapai permukaan bumi kira-kira sepertiganya dipantulkan langsung ke atmosfer serta sisanya diserap bumi dan atmosfer. Pemanasan bumi menjadi sedemikian signifikan peningkatannya ketika tercatat bahwa radiasi inframerah dari permukaan bumi tidak dapat lepas seluruhnya ke atmosfer karena terhalang efek rumah kaca.
Efek gas rumah kaca pada komposisi yang tepat akan membuat kehidupan bertahan. Namun, sekarang yang terjadi adalah peningkatan temperatur akibat gas rumah kaca (GRK). Efek gas rumah kaca tersebut terjadi karena radiasi inframerah diserap oleh molekul-molekul GRK. Pemanasan bumi atau pemanasan global ini kemudian menjadi isu yang ditampung dalam Konversi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim dan disepakati ada enam GRK yang signifikan mempengaruhi efek rumah kaca. Keenam gas tersebut adalah karbondioksida(CO2), metan (CH4), nitrooksida (N2O), hidrofluorokarbon (HFCS), perfluorokarbon(PFCS) dan sulfurheksafluorida(SF6).
Gas CO2 yang dihasilkan dari aktivitas manusia, sejak 1959, meliputi 55 persen dari seluruh CO2 yang ada di atmosfer. Sisanya dihasilkan oleh tanaman dan laut. Pembakaran bahan bakar fosil (yang berasal dari minyak bumi) ditambah kegiatan produksi semen telah menghasilkan sekitar 75 persen dari CO2 yang dihasilkan manusia.
Sisanya, 25 persen, dihasilkan dari perubahan tata guna lahan. Dengan menyimak catatan tersebut, manusia sebagai  pihak yang paling bertanggung jawab atas pemanasan global selayaknya turut bertanggung jawab atas terjadinya proses pemanasan global yang mengancam kehidupan (kita) ini.

Tugas Mandiri
Latihan 1
1.       Tentukanlah ide pokok setiap paragraf pada paragraf tersebut!
2.       Tentukanlah permasalahan yang terdapat pada artikel tersebut!
3.       Tuliskanlah pendapat penulis dalam artikel tersebut!

Latihan 2
Jawab dan lengkapilah pernyataan di bawah ini dengan tepat berdasarkan artikel tersebut!
1. Mengapa terjadi perubahan iklim di bumi ini?
2. ....ketika sampai di permukaan bumi, sepertiganya dipantulkan langsung ke atmosfer.
3. Mengapa radiasi inframerah dari permukaan bumi tidak dapat lepas seluruhnya ke atmosfer?
4. Kapan kehidupan di atas bumi ini dikhawatirkan akan musnah?
5. Apa yang menyebabkan terjadinya efek gas rumah kaca ?
6. Tuliskanlah enam gas yang mempengaruhi efek rumah kaca!

Tidak ada komentar: