MMAS

MMAS
Bersama Sastrawan Agus R Sarjono

Jumat, 22 Februari 2013

SOAL RMDL KLS XII BHS



Soal untuk KD 7.2
1. Jelaskanlah apa yang dimaksud proposal!
2. Tuliskanlah sistematika proposal semiformal!
3. Buatlah sebuah proposal dengan memilih salah satu kegiatan berikut ini!
·         Perayaan bulan Bahasa tanggal 28 Oktober 2013
·         Fashion show antar-SMA  se-Kab. Soppeng
·         Lomba debat bahasa daerah Bugis antar-SMA se-Kab. Soppeng

KD 8.2
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
1     Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan adalah orang yg menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau  pejuang yg gagah berani. Berdasarkan hal tersebut maka sekarang ini ada banyak orang yang dapat disebut pahlawan. Misalnya pahlawan lingkungan hidup bagi orang-orang yang berjuang melestarikan lingkungan hidup, pahlawan kemanusiaan bagi mereka yang berjuang membela hak-hak manusia yang tertindas, dan pahlawan tanpa tanda jasa yaitu gelar yang sering diberikan kepada bapak dan ibu guru yang dengan gagah tanpa lelah meski harus berpeluh berjuang mencerdaskan para generasi muda bangsa ini. Jadi, hendaknyalah kita senantiasa menghormati bapak dan ibu guru yang dengan susah payah mendidik kita menjadi  manusia yang berguna bagi bangsa dan negara.

2.      Ada pendapat yang mengatakan bahwa saat ini banyak remaja yang tidak peduli terhadap lingkungan. Hal ini sering dilontarkan kepada remaja ketika lingkungan sudah rusak.Tuduhan tersebut barangkali muncul karena secara kebetulan melihat remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, misalnya membuang sampah sembarangan. Memang ada sebagian remaja yang tidak peduli terhadap lingkungannya, tetapi masih ada remaja yang mau memperhatikan lingkungannya misalnya, di sekolah- sekolah para siswa ditekankan untuk memelihara kebersihan kelas dan sekolah. Akan tetapi, mengapa masih banyak pula masyarakat kita yang kurang memperhatikan lingkungannya?


3.       BBG (bahan bakar gas) sesungguhnya sudah sejak sebelas tahun yang lalu diluncurkan oleh pertamina dan dipromosikan sebagai bahan bakar gas masa depan. Bahan bakar ini adalah gas bumi yang telah melalui proses pemurnian. Alasan BBG dijadikan sebagai bahan bakar alternatif adalah karena pembakarannya lebih sempurna sehingga lebih sedikit mengemisikan partikel debu, SO, NO yang potensial menjadi penyebab pemanasan global. Kandungan Co di dalam BBG pun rendah, yakni hanya 10%.

1) Tentukanlah ide pokok setiap paragraf  tersebut!
2) Tuliskanlah kalimat utama setiap paragraf tersebut!
3) Mengapa sekarang ini banyak orang yang dapat disebut pahlawan?
4) Mengapa dikatakan bahwa saat ini banyak remaja yang tidak peduli terhadap lingkungan ?
5) Mengapa BBG dijadikan sebagai bahan bakar alternatif?


Tidak ada komentar: