MMAS

MMAS
Bersama Sastrawan Agus R Sarjono

Jumat, 22 Februari 2013

Soal RMDL kls XII IPS



Di jaman globalisasi saat ini perubahan begitu cepat terjadi. Karena cepatnya perubahan itu, terkadang kita tidak sadar kalau diri kita pun telah berubah. Perubahan tersebut diiringi oleh laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah memunculkan berbagai teknologi informasi dan komunikasi.
 Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan kemudahan pada manusia dari berbagai status sosial dan pekerjaan dalam berkomunikasi dengan manusia lainnya. Begitu pula halnya pada siswa yang setiap hari bergelut dengan hasil tekhnologi informasi komunikasi berupa komputer jinjing atau laptop. Melalui laptop yang terhubung dengan jaringan internet, siswa menjaling komunikasi dengan siswa lainnya lewat face book, twiter, atau email.
            Saat ini,  dapat dipastikan bahwa semua para siswa sudah mengenal hasil perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berupa laptop atau note book. Hal tersebut dimungkinkan karena dalam kurikulum terdapat mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Bahkan, beberapa mata pelajaran juga telah memanfaatkan jaringan internet dengan menugaskan siswa mencari materi tertentu di internet. Namun, perlu diingat bahwa melalui internet berbagai budaya barat yang tidak sesuai dengan budaya kita dengan mudah dapat diakses oleh siswa. Untuk itu, diperlukan perisai yang dapat membentengi siswa dari pengaruh buruk internet. Salah satu perisai tersebut adalah imtak (iman dan takwa).

 Soal KD 9.1 dan 9.2
1. Tentukanlah pokok informasi setiap paragraf tersebut!
2. Tentukanlah kata yang tidak tepat penulisannya pada setiap paragraf tersebut (paragraf 1, 2,3) lalu perbaikilah penulisannya!
3. Simpulkanlah isi informasi pada setiap paragraf tersebut! 

Soal KD 10.1
1. Jelaskanlah apa yang dimaksud proposal!
2. Buatlah sebuah proposal tentang :
a. perayaan ulang tahun SMAN 1 Watansoppeng
b. Lomba futsal antar-SMA se-Kab. Soppeng (pilih salah satu, a atau b)

Tidak ada komentar: