MMAS

MMAS
Bersama Sastrawan Agus R Sarjono

Selasa, 25 November 2008

Perjalanan sang Pengabdi



Akhir Desember 1994, perjalanan pengabdian kumulai. Aku ditugaskan di sebuah desa terpencil di pesisir teluk Bone. Ragam kehidupan pedesaan yang selama ini tidak pernah kurasakan mulai menjadi sarapan pagiku. Aroma bau tanah bercampur air, teriakan bocah-bocah tak berbaju,suara lenguhan kerbau dan sapi, serta aneka perilaku masyarakat yang masih terbilang primitif, menjadi menu sehari-hariku.

Kurang lebih delapan tahun aku mengabdi di sebuah sekolah menengah pertama, aku hijrah ke ibu kota kabupaten dan melanjutkan pengabdian di sebuah sekolah menengah atas yang terletak di pesisir teluk bone. Selama aku mengabdi d sekolah tersebut, tak pernah sekali pun aku memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan latihan tentang pembelajaran. Jadinya, aku hanya mengembangkan model pembelajaran secara otodidak atau melalui inspirasi dan perasaan.

Tahun 2004 adalah tahun keunggulan bagiku. Di pertengahan itulah aku pindah mengabdi di SMA N 1 Unggulan Watansoppeng. Sejak saat itulah aku mulai mengenal berbagai pelatihan dari Pondok Madinah hingga hotel Dinasti, seperti Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi Melalui Sekolah Cerdas Indonesia (SCI).
Inilah sekedar pengantar dariku, selengkapnya, jelajahilah blog ini dengan sepenuh hati dan sepenuh harap serta sepenuh makna!?.

Tidak ada komentar: